Pulau Skotlandia yang Mempesona Kaya Dalam Sejarah

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021.

Columbia Hillen

Salah satu tempat paling ikonik dan sakral di Skotlandia, Pulau Iona menarik ribuan pengunjung setiap tahun, tertarik dengan warisan rahasia biksu Irlandia mistik abad ke-6, Columba, yang mendirikan komunitas spiritual di sini.

Karena Skotlandia sekarang membuka kembali pariwisata, sekarang mungkin saat yang tepat untuk berkunjung ketika cuacanya lebih baik.

Columbia Hillen

Terletak di Inner Hebrides, lepas Ross of Mull di pantai barat Skotlandia, pulau kecil ini, panjangnya tidak lebih dari 6 km (4 mil) dan lebarnya sekitar 2 km (1 mil), dengan populasi kurang dari 200, menawarkan rangkaian pemandangan yang sangat mengesankan. Ini terdiri dari pantai berpasir lembut dengan pinggiran berbatu, perbukitan, jalur berbatu dan tanah penggembalaan datar yang disebut ‘machair’ di mana kerang laut telah tersapu ke tanah gambut. Salah satu pantai terkenal dengan kerikil warna-warni, terutama serpentin hijau, yang dianggap sebagai batu pemberi energi alami.

Columbia Hillen

Pulau ini bahkan memiliki lapangan golf 18 lubang di dekat tempat yang dikenal sebagai Teluk Columba (atau Port a Churaich).

Begitu terkenalnya pulau itu menjadi pusat pembelajaran internasional awal di bawah Columba, diyakini sebagai salah satu manuskrip yang paling terkenal dibuat di sini, Book of Kells dengan ilustrasi yang kaya, sekarang disimpan di Trinity College Dublin. Iona juga tampil dalam film animasi, puisi, lagu, dan novel, termasuk karya Jules Verne, The Green Ray.

Columbia Hillen

Kaya akan sejarah spiritual dan agama, pulau ini memiliki biara dan biara, dalam jarak beberapa ratus meter satu sama lain. Biara, aslinya terbuat dari pial, kayu dan ilalang, telah direnovasi berkali-kali selama bertahun-tahun, menjadi biara Benediktin pada abad ke-13. Sekitar waktu yang sama sebuah biara Augustinian didirikan. Restorasi ekstensif biara terjadi di bawah Iona Cathedral Trust pada akhir abad ke-19 dan pada 1930-an dan seterusnya oleh Pendeta George MacLeod dan Komunitas Iona.

Columbia Hillen

Banyak orang Hebrida terkemuka seperti berbagai ‘Penguasa Kepulauan’ dan anggota terkemuka lainnya dari klan Dataran Tinggi Barat dimakamkan di kuburan kecil yang aneh di samping biara, termasuk beberapa kepala suku MacLeod. Sebuah salib batu abad pertengahan yang dipahat dengan kaya berdiri di luar biara dan reruntuhan biara tersebut mencakup taman kecil dan di dindingnya ada ukiran batu kuno yang dikenal sebagai pertunjukan sheela na, ukiran figuratif wanita telanjang yang menampilkan vulva yang berlebihan, mungkin menandakan kesuburan. Perhatikan gambar pria hijau di bawah ambang batu, simbol kuno kelahiran kembali dan pembaruan.

Columbia Hillen

Dekat machair adalah Hill of Angels atau Hill of Fairies. Menurut legenda, musik rakyat peri memikat manusia yang tidak waspada ke dalam bukit, sementara yang lain mengatakan di situlah Columba bertemu dengan malaikat.

Pengamat burung berduyun-duyun ke Iona, antusias untuk melihat sekilas beberapa dari banyak penghuninya yang bersayap termasuk corncrakes yang terancam punah, elang buzzard, plovers bercincin, penangkap tiram, sandpiper, redshanks, curlews, dan kawanan kecil whimbrel yang lewat saat migrasi. Yang lainnya termasuk elang emas, hen harrier, peregrines, merlins, burung hantu bertelinga pendek, dan angsa greylag liar.

Menikmati pendakian dengan penjaga hutan Emily Wilkins. Foto oleh Columbia Hillen

Kami menikmati tur jalan kaki yang komprehensif dengan dua pemandu yang terpisah dan berpengetahuan luas. Pertama, Emily Wilkins adalah anggota Mull dan Iona Ranger Service, bagian dari inisiatif kepercayaan pembangunan milik komunitas untuk meningkatkan kualitas hidup. Memulai perjalanan kami dari kantornya di samping dermaga, Emily menggambarkan asal mula geologis pulau tersebut, termasuk gneiss yang berasal dari tiga miliar tahun yang lalu, granit merah muda dan basal, serta aktivitas pulau tradisional yang sedang berlangsung seperti crofting (pertanian skala kecil).

Artis dan pemandu, Jana McLellan, dengan beberapa hasil karyanya. Foto oleh Columbia Hillen

Jana McLellan, berasal dari Jerman tetapi tinggal di pulau bersama keluarganya, memfokuskan turnya bersama kami pada bentangan luas sejarah sosial, dari karakteristik komunitas Columban asli hingga kehidupan pulau kontemporer sehari-hari. Jana adalah anggota Koperasi Kerajinan pulau yang didirikan 15 tahun lalu, dengan tokonya sendiri, Kerajinan Oran, yang terletak di dekat biara di tempat yang dikenal sebagai Steadings St. Columba, koleksi bangunan pertanian yang telah direnovasi. Jana juga membuat lilin, kerikil sabun, gantungan kunci greenstone, ponsel kayu apung, domba felt, dan perhiasan batu hijau Iona.